Ke mana wisata alam di Bandung weekend ini?

17 Apr

 

Bagi Anda yang berencana berlibur ke Bandung akhir pekan ini, tidak ada salahnya mempertimbangkan berwisata alam, meski hanya sekadar menenangkan pikiran.

Berdasarkan pengamatan Bisnis-Jabar.com, ada empat lokasi wisata alam yang layak dikunjungi yakni Gunung Tangkuban Parahu, air panas Cimanggu, Kawah Putih, dan Situ Cileunca. Berikut penjelasannya:

– Gunung Tangkuban Parahu

Gunung Tangkuban Perahu merupakan salah satu gunung merapi yang masih aktif di Jawa Barat yang terletak 2.084 m di atas permukaan air laut. Gunung Tangkuban Parahu beralamat di Jalan Raya Tangkuban Parahu (Raya Cikole), Lembang, Kabupaten Bandung Barat, atau berjarak sekitar 30 km ke sebelah utara Kota Bandung. Untuk masuk ke tempat wisata ini, pengunjung hanya mengeluarkan kocek Rp13.000.

– Kawah putih

Kawasan wisata ini terletak di Jalan Raya Rancabali, Kabupaten Bandung. Untuk mencapai destinasi wisata unggulan ini, pengunjung harus menelusuri jalan sekitar 44 km ke arah selatan Kota Bandung. Wisata ini terletak di ketinggian 2.194 m dpl dengan suhu sekitar 15–22 derajat celcius. Tiket masuk Rp7.000.

– Air panas Cimanggu

Kolam pemandian air panas Cimanggu berada pada ketinggian kurang lebih 1.100 m di atas permukaan laut. Di sekitarnya terdapat hamparan perkebunan teh yang luas. Kolam pemandian ini terletak di Jalan Raya Rancabali, Kabupaten Bandung. Lokasinya tak berjauhan dari Kawah Putih.

Tiket masuk:

-Tiket masuk per orang: Rp5.500 + asuransi
-Tiket kendaraan R-2: Rp1.000
-Tiket kendaraan R-4: Rp3.000
-Tiket kendaraan R-6: Rp5.000
-Tiket kamar rendam: Rp5.500

– Situ Cileunca

Situ Cileunca terletak di Jalan Pulosari-Warnasari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung merupakan daerah wisata yang sejuk, hijau, dan sendu. Terletak 40 km sebelah selatan Kota Bandung, melewati Kecamatan Dayeuhkolot, Baleendah, dan Banjaran. Di objek wisata itu terdapat beberapa wahana, seperti arung jeram, jet ski, dan berperahu.

Berikut tarif tiket dari berapa aktivitas yang bisa dilakukan di sana adalah:

-Tiket masuk: Rp2.500 per orang (ada charge tambahan untuk mobil, tapi dinego aja)

-Taman bermain anak: Rp2.000 per orang

-Flying Fox: Rp5.000 per orang

-Berperahu ke seberang: Rp10.000 per orang (dinego aja)

-Memetik strawberry di seberang danau: Rp5.000 per orang

-Arung jeram: Rp150.000 per orang

-Jet Ski: Rp150.000 per orang

Semoga liburan Anda di akhir pekan ini menyenangkan

Pemandangan Kawah Upas

17 Apr

Gunung tangkuban perahu mempunyai ketinggian 2.076 meter di atas permukaan laut. Gunung ini bila dilihat dari kejauhan nampak seperti perahu yang terbalik, karena itulah gunung ini disebut tangkuban perahu. Legenda yang melekat pada gunung ini adalah Sangkuriang, yaitu kisah seorang anak yang jatuh cinta pada ibunya.

Suhu udara di sini bisa mencapai 7 derajat celcius, dengan kelembaban 45 s/d 95%. Dari kota bandung dapat ditempuh dengan jarak 47 Km ke arah utara menuju Lembang atau Subang. Continue reading

Eksotika Kawah Tangkuban Perahu

17 Apr

Kalimat tsb meluncur deras dari lisan mereka yang berdecak kagum dengan keindahan Kawah Putih Tangkuban Perahu. Eksotika wisata alam yang sangat natural dan ‘cukup’ langka. Setelah kawah Gunung Bromo di Jawa Timur, yang unik dan harum semerbak asap belerang, dan mampu mendatangkan wisatawan mancanegara (wisman), Kawah Putih Tangkuban Perahu layak mendapatkan posisi yang sama. Layak memperoleh pengakuan sebagai kawasan wisata yang eksotik dan menawarkan keindahan alam yang unik dan langka. Dari celah sempit disalah satu sisi kawah (slank), terlihat kumpulan kecil asap belerang keluar dari peraduanya menuju alam bebas dan menebarkan wangi/harum yang nikmat. Wewangian khas pegunungan. Sungguh suatu keindahan yang sulit dilukiskan kecuali melihat langsung ke lokasi. Sebagian pengunjung berupaya mengabadikan peristiwa tsb dengan kamera mereka. Bahkan ada yang nekat menerobos pagar pembatas, masuk ke ‘wilayah terlarang’ agar dapat mengambil gambar yang relative langka tsb. Continue reading

Kolam Renang Cimanggu

1 Apr

Tak lengkap rasanya jika kita berkunjung ke Ciwidey tidak singgah di Cimanggu, sebuah tempat pemandaian air panas. Setelah berwisata di seputar Ciwidey dengan berbagai tempat menariknya, terasa nikmat membasuh badan dengan air panas alami untuk menghilangkan pegal-pegal badan di Cimanggu.

Sore itu suasana di sekitar Cimanggu agak mendung, beberapa petugas nampak berdiri di loket pintu masuk untuk menyambut kehadiran kami. Setelah membayar tiket masuk, dengan ramah gaya khas sunda kami dipersilahkan masuk. Masih terlihat beberapa bus parkir di lapangan, beberapa orang sedang berjoged dengan diselingi oleh musik dangdut, barangkali yang bernyanyi dangdut adalah anggota rombongan bis. Rombongan kami terus mencari tempat yang kosong, nampak sampah bertebaran dimana-mana, mungkin siang tadi pengunjung yang datang banyak sekali dan sore ini tinggal beberapa pengunjung yang tersisa.
Terletak pada ketinggian kurang lebih 1100 meter di atas permukaan air laut, Cimanggu dengan luas 154 Ha termasuk dalam wilayah Desa Rancabali, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung. Dengan latar belakang bukit yang hijau dengan topografi relatif datar dan sedikit bergelombang, akan memudahkan kita untuk berjalan-jalan. Beberapa flora yang terdapat di Cimanggu adalah : Rasamala, Pinus, Eukaliptus, kecubung dan lain-lain. Kita bisa memilih mau berjalan-jalan dulu, mengitari tempat ini, atau mandi air panas dahulu.Sengaja kami datang ke sini sore hari, setelah seharian mengelilingi tempat wisata di daerah Ciwidey, mandi air panas yang mengandung belerang di Cimanggu mungkin dapat mengurangi rasa pegal. Cimanggu merupakan salah satu tempat wisata di daerah Ciwidey yang terletak satu jalur dengan tempat wisata lainnya di daerah tersebut seperti Kawah Ratu, Situ Patengan, Ranca Upas dan Kebun Teh Wallini. Jika kita ke Situ Patengan otomatis lewat Cimanggu, dan kita bisa mampir kalau memang mau mengalokasikan waktu untuk kesana.

Barangkali kalau mandi air panas dulu terasa enak, karena tubuh kita akan lebih segar. Kolam air panas terdapat beberapa jenis, ada yang untuk umum, berbentuk seperti kolam renang biasa, bedanya air di kolam Cimanggu adalah air panas yang bersumber langsung dari Gunung Patuha. Kita juga bisa memilih kamar VIP ( dimana per kamar hanya dikenakan tarif Rp 5,000,- per 15 menit ) untuk bisa lebih menikmati hawa hangat dengan tenang di kamar tertutup.Di kamar VIP ini tersedia bak mandi untuk berendam, jadi kita bisa bermanja-manja dengan tubuh kita.

Sarana prasarana yang tersedia di kawasan ini yang dapat mendukung wisata anda adalah, selain kolam air panas, juga terdapat MCK, musholla, pesanggrahan untuk menginap yang disewakan, tempat bermain anak, pusat informasi, shelter, lokasi parkir yang cukup luas dan warung-warung yang menjual makanan atau minuman.Terlihat di beberapa pojok taman yang ada, kebersihan kurang terjaga, banyak rumput liar yang tumbuh dan terkesan tidak terawat. Harusnya pihak pengelola menyadari pentingnya menjaga kebersihan, karena strategisnya lokasi tempat ini dan bisa menjadi alernatif terakhir para wisatawan selama berkunjung di Ciwidey.

Sumber : navigasi.net

Terapi Wisata Ciater

28 Mar

Mandi Air Panas

Di Ciater yang menjadi andalannya adalah kolam pemandian air panas yang bersumber dari kawah Gunung Tangkuban Perahu. Banyak orang yang telah membuktikan bahwa dengan berendam di air panas khasiatnya ternyata bisa menyembuhkan banyak penyakit, seperti kelumpuhan, rematik, gangguan saraf, tulang dan terutama penyakit kulit, seperti panu, kudis, eksim, dsb.

Namun demikian, ternyata bukan hanya hot spring yang menjadi andalan Ciater. Di tempat ini Anda juga bisa menjalani sejumlah aktivitas petualangan yang seru bersama keluarga tercinta. Meluncur deras di arena flying fox (Rp.15.000,-/orang), melintasi trek dengan ATV (All Terrain Vehicles), melintasi jeram menantang dengan perahu karet (Rp.30.000,- s/d Rp.30.000,-/orang atau menjelajahi danau dengan perahu sampan adalah aktivitas seru yang bisa dilakukan.

 

Pancaran air yang keluar dari pohon ater diyakini oleh warga memberi khasiat untuk mengobati sejumlah penyakit, terutama penyakit kulit. Keyakinan itu pulalah yang dibenarkan oleh bangsawan Belanda, Mr Hack Bessel, setelah melakukan penelitian terhadap air berkhasiat itu.

Sumber: http://bandung.panduanwisata.com/wisata-sambil-therapi-di-ciater/

Perjalanan Menuju Situ Patengan

24 Mar

Situ patengan berada di kawasan Kabupaten bandung selatan tepatnya di Ciwidey. Untuk menempu perjalanan ke Ciwidey dari kota bandung Kurang lebih sekitar 1.5 sampai 2 jam perjalanan. Apabila pada hari minggu waktu perjalanan sedikit terganggu karena adanya aktifitas pasar minggu (seperti gasibu bandung) di alun-alun soreang (kantor Pemda).

Ketika telah melewati soreang, jalan akses ke Ciwidey berliku dan naik turun tetapi jalannya lumayan bagus. Apabila telah sampai di terminal ciwidey kita terus ke atas, jalanya cukup menanjak sehinnga kita harus berhati-hati, selain jalannya tidak terlalu besar tetapi jarang kendaraan (kecuali pada hari libur atau weekend). Di sepanjang perjalanan kita akan dinikmati oleh pemandangan yang didominasi oleh kebun teh dan kebun strawberry. Continue reading

Wisata Air Panas Ciater Berkhasiat untuk Kesehatan

24 Mar

Taman Wisata Air Panas Ciater yang berada di Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung menjadi salah satu tujuan dari lawatan Humas Pemkab Bangka bersama sejumlah jurnalis di Bandung. Continue reading

Tangkuban Perahu dipadati pengunjung

24 Mar

Pengunjung Tangkuban PerahuDi hari pertama 2012, pengunjung dari berbagai daerah, termasuk turis mancanegara, memadati kawasan wisata Tangkuban Perahu di Bandung, Jawa Barat, Ahad (1/1). Pemandangan kawah yang mengepulkan asap belerang menjadi salah satu daya tarik dari lokasi wisata alam ini. Selain mudah dicapai, tarif masuknya pun murah, hanya Rp 11 ribu per orang. Tak heran tiap tahun jumlah pengunjung kawasan wisata ini selalu meningkat. Di Purwakarta, Jabar, ribuan pengunjung memadati Waduk Jatiluhur sejak pagi. Antrean kendaraan yang akan masuk ke kawasan waduk bahkan mencapai satu kilometer. Continue reading

Fun Holiday Summer @ De’Ranch

23 Mar

Pertunjukkan sulap oleh FABZMAGIC team, berusia remaja terdiri dari Stella Patz, Felix Sky , Abe Mc Laurin, Mr.Daniel Black, Leo Leonheart, Hans Andrian. Diadakan tgl 26 & 29 Juni , tgl 3 Juli & 10 Juli pada jam 11.00-12.00 dan 14.00-15.00 bertempat di panggung Sanggurdi Hall, De’Ranch.

Personil FABZMAGIC team dibawah bimbingan Fabian Hosoi, 6th Sense Mentalist the Master, versi RCTI thn 2009 telah mendapatkan penghargaan pada berbagai ajang kompetisi sulap di Jakarta dan Bandung. Continue reading

De’Ranch Horse Trekking Lembang and Beyond

22 Mar

Trekking berkuda ini diikuti oleh group penunggang dari Denai Alam Recreation Riding Club – Shah Alam Malaysia, yang dikoordinir oleh Datin Noraini Nasir, Datin Normala Idris dan Imelda Caday.

Rombongan berangkat dari De’Ranch Lembang pk 9.00 pagi diawali dengan perjalanan kendaraan 4×4 menuju starting point didaerah Gn. Putri. Setelah melakukan briefing singkat mengenai aspek keselamatan, rombongan penunggang berkuda dengan sdr Billy Mamola sebagai trek leader menuju kawasan hutan pinus di kaki Gn. Tangkuban Perahu, dan singgah sejenak di area Gua Jepang Jayagiri. Makan siang di titik istirahat menjadi menarik saat Imelda Caday dan Datin Noraini mendemonstrasikan keahliannya memasak.Dan sore harinya bersamaan dengan turunnya kabut rombongan berangkat pulang menuju De Ranch Lembang. Continue reading