Pemandangan Kawah Upas

17 Apr

Gunung tangkuban perahu mempunyai ketinggian 2.076 meter di atas permukaan laut. Gunung ini bila dilihat dari kejauhan nampak seperti perahu yang terbalik, karena itulah gunung ini disebut tangkuban perahu. Legenda yang melekat pada gunung ini adalah Sangkuriang, yaitu kisah seorang anak yang jatuh cinta pada ibunya.

Suhu udara di sini bisa mencapai 7 derajat celcius, dengan kelembaban 45 s/d 95%. Dari kota bandung dapat ditempuh dengan jarak 47 Km ke arah utara menuju Lembang atau Subang.

Berada di ketinggian 1860 meter, tepatnya didaerah Lembang, Kabupaten Bandung – Jawa Barat, objek wisata Tangkuban Perahu memang menjadi salah satu andalan pendapatan daerah setempat. Dengan harga tiket masuk 8000 rupiah perorang

Kawah Upas memiliki dasar kawah yang dangkal dan datar, dengan pepohonan liar tampak banyak tumbuh di salah satu sisi dasar kawah. Mungkin dikarenakan dangkal dan tidak terlalu luas, disamping juga harus ditempuh dengan jalan kaki terlebih dahulu, (berbeda dengan Kawah Ratu dimana mobil pribadi bisa parkir tepat di bibir kawah), Kawah upas jarang dikunjungi wisatawan. Pemandangan yang disajikan pada Kawah Upas ini cenderung “biasa-biasa” saja, namun dimungkinkan untuk menikmati pemandangan Kawah Ratu dari sisi yang berbeda, mengingat bibir Kawah Ratu dan Kawah Upas menyatu dalam bentuk satu jalur pendakian, dengan Kawah Ratu pada sisi kiri dan Kawah Upas pada sisi kanan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: