Kolam Renang Cimanggu

1 Apr

Tak lengkap rasanya jika kita berkunjung ke Ciwidey tidak singgah di Cimanggu, sebuah tempat pemandaian air panas. Setelah berwisata di seputar Ciwidey dengan berbagai tempat menariknya, terasa nikmat membasuh badan dengan air panas alami untuk menghilangkan pegal-pegal badan di Cimanggu.

Sore itu suasana di sekitar Cimanggu agak mendung, beberapa petugas nampak berdiri di loket pintu masuk untuk menyambut kehadiran kami. Setelah membayar tiket masuk, dengan ramah gaya khas sunda kami dipersilahkan masuk. Masih terlihat beberapa bus parkir di lapangan, beberapa orang sedang berjoged dengan diselingi oleh musik dangdut, barangkali yang bernyanyi dangdut adalah anggota rombongan bis. Rombongan kami terus mencari tempat yang kosong, nampak sampah bertebaran dimana-mana, mungkin siang tadi pengunjung yang datang banyak sekali dan sore ini tinggal beberapa pengunjung yang tersisa.
Terletak pada ketinggian kurang lebih 1100 meter di atas permukaan air laut, Cimanggu dengan luas 154 Ha termasuk dalam wilayah Desa Rancabali, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung. Dengan latar belakang bukit yang hijau dengan topografi relatif datar dan sedikit bergelombang, akan memudahkan kita untuk berjalan-jalan. Beberapa flora yang terdapat di Cimanggu adalah : Rasamala, Pinus, Eukaliptus, kecubung dan lain-lain. Kita bisa memilih mau berjalan-jalan dulu, mengitari tempat ini, atau mandi air panas dahulu.Sengaja kami datang ke sini sore hari, setelah seharian mengelilingi tempat wisata di daerah Ciwidey, mandi air panas yang mengandung belerang di Cimanggu mungkin dapat mengurangi rasa pegal. Cimanggu merupakan salah satu tempat wisata di daerah Ciwidey yang terletak satu jalur dengan tempat wisata lainnya di daerah tersebut seperti Kawah Ratu, Situ Patengan, Ranca Upas dan Kebun Teh Wallini. Jika kita ke Situ Patengan otomatis lewat Cimanggu, dan kita bisa mampir kalau memang mau mengalokasikan waktu untuk kesana.

Barangkali kalau mandi air panas dulu terasa enak, karena tubuh kita akan lebih segar. Kolam air panas terdapat beberapa jenis, ada yang untuk umum, berbentuk seperti kolam renang biasa, bedanya air di kolam Cimanggu adalah air panas yang bersumber langsung dari Gunung Patuha. Kita juga bisa memilih kamar VIP ( dimana per kamar hanya dikenakan tarif Rp 5,000,- per 15 menit ) untuk bisa lebih menikmati hawa hangat dengan tenang di kamar tertutup.Di kamar VIP ini tersedia bak mandi untuk berendam, jadi kita bisa bermanja-manja dengan tubuh kita.

Sarana prasarana yang tersedia di kawasan ini yang dapat mendukung wisata anda adalah, selain kolam air panas, juga terdapat MCK, musholla, pesanggrahan untuk menginap yang disewakan, tempat bermain anak, pusat informasi, shelter, lokasi parkir yang cukup luas dan warung-warung yang menjual makanan atau minuman.Terlihat di beberapa pojok taman yang ada, kebersihan kurang terjaga, banyak rumput liar yang tumbuh dan terkesan tidak terawat. Harusnya pihak pengelola menyadari pentingnya menjaga kebersihan, karena strategisnya lokasi tempat ini dan bisa menjadi alernatif terakhir para wisatawan selama berkunjung di Ciwidey.

Sumber : navigasi.net

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: