Perjalanan Menuju Situ Patengan

24 Mar

Situ patengan berada di kawasan Kabupaten bandung selatan tepatnya di Ciwidey. Untuk menempu perjalanan ke Ciwidey dari kota bandung Kurang lebih sekitar 1.5 sampai 2 jam perjalanan. Apabila pada hari minggu waktu perjalanan sedikit terganggu karena adanya aktifitas pasar minggu (seperti gasibu bandung) di alun-alun soreang (kantor Pemda).

Ketika telah melewati soreang, jalan akses ke Ciwidey berliku dan naik turun tetapi jalannya lumayan bagus. Apabila telah sampai di terminal ciwidey kita terus ke atas, jalanya cukup menanjak sehinnga kita harus berhati-hati, selain jalannya tidak terlalu besar tetapi jarang kendaraan (kecuali pada hari libur atau weekend). Di sepanjang perjalanan kita akan dinikmati oleh pemandangan yang didominasi oleh kebun teh dan kebun strawberry.

Selama perjalanan ke Situ patengan kita juga akan melewati beberapa daerah objek wisata di Ciwidey antara lain, Kawah Putih, Pemandian Air panas Cimanggu, Bumi perkemahan Ranca Upas juga Pemandian Air panas Ciwalini.

Setelah kita melewati objek-objek wisata tersebut, jalan akan terbagi 2 jalan. Kita harus mengambil jalan yang lurus (jangan yang ke kanan), kita akan melewati tempat penyewaan ATV (all Terain Vehicle).

Sampailah kita di pintu gerbang Situ Patenggang, harga masuknya tergolong murah berkisar antara 15 ribu sampai 30 ribu perak per motor ( 2 orang). Sebelum sampai ke tempat wisata dari kejauhan kita sudah bisa melihat Situ Patenggang Beserta pulaunya.

Nah untuk tempat parkirnya sendiri cukup luas dan aman, tapi untuk jaga-jaga lebih baik kita bawa kunci ganda (klo ga ada kunci gembok juga gak apa-apa). Dari tempat parkir, kita harus jalan kurang lebih 500 meter untuk sampai ke Situ patenggang, di sana juga banyak terdapat warung-warung makanan dan juga oleh-oleh khas dari Ciwidey. Untuk harganya sendiri, menurut saya harga standar tempat wisata lah (tapi masih bisa nego).

Kalau musim hujan, Situ ini akan dipenuhi oleh kabut yang tebal sehingga kita tisak akan bisa untuk naik perahu ke pulau cinta. Tetapi bila cuaca cerah kita bisa naik perahu ke pulau cinta naik perahu, harganya pun relatif murah sekitar 5 ribu perak per orang. Di pulau cinta sendiri terdapat batu cinta, yang konon katanya bila kita bersama sang kekasih kesana hubungan kita akan langgeng. Bagi yang belum tahu, kalau dilihat dari ats pulau cinta itu berbentuk hati makanya dinamakan pulau cinta, juga adalagi mitos yang mengatakan bahwa di pulau itulah 2 insan dipertemukan kembali sehingga dinamakan pulau cinta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: